Minggu, 10 Juli 2011

Apa itu Web Server ??

Apabila kita browsing ke suatu situs di internet, kita memasukkan alamat URL pada kolom Address di Web Browser, dan tidak lama (tergantung koneksi) munculah halaman situs tersebut, maka itulah bagian dari proses kerja konsep klien – server pada protokol Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) yang digunakan dalam Word Wide Web (WWW) antar komputer yang terhubung dalam jaringan internet.

Klien disini adalah web browser merequest halaman situs kepada web server, selanjutnya web server akan merespon permintaan klien dengan mengirimkan halaman yang diminta setelah melalui proses penerjemahan ke klien. Bila halaman yang diminta klient tidak terdapat pada web server, maka web server akan mengirimkan pesan dan kode ke klien yaitu 404 Page Not Found.
Web Server merupakan mesin yang didalamnya terdapat aplikasi yang bertugas menerima permintaan data (HTTP Request) dari klien melalui perantara web browser atau console, mengolah data atau memproses form dengan bantuan form interpreter, dan mengembalikan data kembali (HTTP Response) ke klien, biasanya data dalam format dokumen HTML (Hypertext Markup Language).
Dalam menjalankan tugasnya web server tidak berdiri sendiri. Di era web dinamis seperti sekarang ini, web server membutuhkan aplikasi pendukung untuk mengolah data yang dikirim klien dengan metode-methodenya seperti GET, POST, HEAD, OPTIONS, dan TRACE (Red: umumnya metode GET dan POST saja) melalui tag FORM pada HTML. Pemprosesan form dilakukan oleh Intepreter seperti PHP, Pearl, .NET yang juga memiliki kemampuan membangun aplikasi web dinamis, dan mendukung RDBMS seperti MySQL, PostgreSQL, MSSQL, DB2 dan ORACLE.
Pada artikel berikutnya kita akan melakukan instalasi dan konfigurasi web server yang populer seperti Apache, IIS, dan yang sedang naik daun NGINX. Serta PHP dan MySQL untuk terciptanya aplikasi web yang dinamis. Nantikan ya….

0 komentar:

Posting Komentar